22 Oktober 2024

“Pinjaman" Satu Kata Dua Makna Dan Konsekuensi Berbeda!!

Ada sebuah anggapan bahwa meminjam suatu barang untuk digunakan yang disertai adanya syarat pengembalian dengan adanya manfaat adalah riba misalnya seseorang meminjam motor dalam kondisi bensin tinggal sedikit (tidak penuh), kemudian pemilik motor mensyaratkan agar saat dikembalikan, bahan bakar (bensin) motornya harus dalam keadaan terisi penuh. Apakah bensin itu termasuk riba karena ada tambahan manfaat yang diterima oleh pemilik motor atas pinjaman?

Di samping itu, kita juga sering meminjam sebuah barang, misalnya Pulpen kepada teman. Pulpen yang kita pinjam tentu yang digunakan adalah isinya (tinta). Sehingga tinta itu berkurang atau bahkan bisa habis pakai. Benarkah penggunaan ungkapan kata “meminjam” atau seharusnya “meminta” dan bagaimana hukumnya secara syariah?

____________

Begini kawan!!

Dalam praktik sehari-hari, Penggunaan istilah kata “Pinjam”, biasa digunakan untuk kegiatan “hutang-piutang” dan menggunakan “manfaat suatu barang”. Satu kata yang sama namun dalam perspektif syariat Islam, keduanya memiliki akad, makna dan konsekuensi hukum yang berbeda. Perbedaan ini penting untuk dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengambil sebuah konklusi atau keputusan hukum.

Hutang-piutang dalam istilah syariat disebut Qardh yakni akad hutang piutang antara Muqridh (Pihak Pemberi Hutang) dengan Muqtaridh (Pihak Yang Berhutang) dimana Muqtaridh wajib mengembalikan sejumlah (sama) dengan yang dipinjamnya sesuai dengan waktu yang disepakati. Misalnya Si A meminjam uang sebesar Rp. 100 ribu kepada Si B, Maka Si A wajib mengembalikan sejumlah Rp. 100 ribu sesuai waktu yang ditentukan tanpa adanya tambahan/manfaat yang dipersyarakan/diperjanjikan. Jika ada tambahan yang dijanjikan maka termasuk riba. Ini kaitanya dengan hutang piutang. Dan dalam hal ini, terjadi perpindahan kepemilikan, maka si A boleh mentashorrufkan uang 100 ribu hasil pinjamannya untuk apa pun, baik dibelanjakan, diinvestasikan, bahkan dipinjamkan Kembali kepada pihak lain.

Sementara, peminjaman barang dengan izin kebolehan untuk menggunakan (manfaat)nya dalam syariah disebut I’arah atau Ariyyah. Misalnya, jika seseorang meminjamkan sepeda motor kepada temannya, itu berarti temannya diizinkan untuk menggunakan sepeda motor tersebut. Namun, sepeda motor itu tetap milik si pemilik, jadi tidak boleh ditashorrfukan (djual, disewakan, digadaikan atau dipinjamkan) oleh orang yang meminjam tanpa izin si pemilik barang.

Lantas bagaimana jika dalam akad I’arah, pihak pemilik barang mensyaratkan adanya manfaat seperti mensyaratkan si peminjam motor untuk mengisi bensin full ketika mengembalikan barang padahal pada saat dipinjam bensinnya tinggal sedikit?

Adanya manfaat sebagai kompensasi (iwadh) dalam akad i’arah adalah diperkenankan, misalnya seperti mengisi bensin secara penuh (full) ketika mengembalikan, maka sejatinya akad yang dilangsungkan adalah Ijarah (Sewa Menyewa) dengan “ujrah” yang diberikan berupa bensin. Bukan lagi I’arah, karena prinsip I’arah itu penggunaan secara Cuma-Cuma:

الْعَارِيَةُ هِيَى تَمْلِيْكُ الْمَناَفِعِ بِغَيْرِ عِوَضٍ

“Ariyah adalah pengalihan kepemilikan manfaat tanpa pengganti (kompensasi)”.

Adapun terkait dengan penggunaan kata pinjam dalam I’arah tidak masalah karena sudah menjadi tradisi (‘urf) namun dapat dipahami bahwa meminjam di sini adalah penggunaan atas manfaat barang bukan berpidahnya kepemilikan suatu barang. Karena yang dilihat dalam suatu transaksi adalah tujuan dan maknanya, bukan dari rangkaian kalimat. Hal ini sebagaimana kaidah Fiqh

العِبْرَةُ فِي العُقُودِ لِلمَقَاصِدِ وَالمَعَانِي، لَا لِلْأَلْفَاظِ وَالمَبَانِي

“Yang menjadi acuan dalam akad adalah tujuan dan maknanya, bukan lafaz dan bentuk (rangkaian kata)."

Dari sini kita dapat membedakan antara Pinjaman dengan makna utang-piutang atau Qardh (قرض), dengan meminjam suatu barang untuk dimanfaatkan yakni ‘Iarah (إعارة) atau Ariyatun (عارية).

Belum lama ini DSN-MUI telah mengeluarkan 4 Fatwa terbaru salah satunya akad I’arah atau ‘Ariyyah.


Mari sama-sama kita bahas!!

Pengertian ‘Ariyyah.

Para ulama memberikan beberapa definisi tentang I’arah atau ‘Ariyyah diantaranya:

a.    Ulama Hanafiyyah dan Malikiyyah

الْعَارِيَةُ هِيَى تَمْلِيْكُ الْمَناَفِعِ بِغَيْرِ عِوَضٍ

“Ariyah adalah pengalihan kepemilikan manfaat tanpa pengganti (kompensasi)”. (Abu Al Husain Al Quduri Al Hanafi, Mukhtasah Al Quduri, Daar Al Qutub Al Ilmiyyah, Cet 1, Hal 133)

الْعَارِيَةُ هِيَى تَمْلِيْكُ الْمَناَفِعِ الْعَيْنِ بِغَيْرِ عِوَضٍ

“Ariyah adalah pengalihan kepemilikan manfaat barang tanpa pengganti (kompensasi)”. (Al Qadhi Abdul Wahhab Al Baghdadi, Al Maunah ‘Ala Mazhab ‘Alim Al Madinah, Al Maktabah Al Tijariyyah Mushtafa Ahmad Al Baz, Mekkah, Jil.2, Hal 1208)

وَ هِيَى مَصْدَرًا تَمْلِيْكُ مَنْفَعَةٍ مُؤَقَّتَةٍ لاَ بِعِوَضٍ

“Ariyah – Dalam bentuk Mashdar- adalah pengalihan kepemilikan manfaat untk sementara tanpa pengganti (kompensasi)”. (Ibnu ‘Arafah Al Maliki, Al Mukhtashar Al Fiqhi Mu’assasah Al Khalaf Ahmad AL Habtur, Jil.7, Hal.227)

 

b.   Ulama Syari’i dan Hambali

الْعَارِيَةُ إِبَاحَةُ الْإِنْتِفَاعِ بِعَيْنٍ مِنَ الْأَعْيَانِ

“Ariyah adalah pemberian izin pemanfaatan barang”. (Al ‘Imroni Al Syafi’i, Al Bayan Al Madzahib Al Syafi’i, Dar Al Minhaj, Jeddah, Jil. 6, Hal. 227).

وَحَقِيْقَتُهَا شَرْعًا إِبَاحَةُ اْلإِنْتِفَاعِ (بِمَا يَحِلُّ اْلإِنْتِفَاعُ) بِهِ مَعَ بَقَاءِ عَيْنِهِ لِرَدِّهَا عَلَيْهِ

“Berdasarkan terminoogi syara’, hakikat ‘Ariyah adalah pemberian izin pemanfaatan (sesuatu yang halal untuk dimanfaatkan) dengan tidak merusak/mengubah substansinya untuk dikembalikan kepada pemiliknya”.(Ibn Al Rif’ah, Kifayah Al Nabih Fi Syarh Al Tanbih, Dar al Kutub Al ‘Ilmiyyah, 2009, Jil. 10, Hal. 356)


c.    Fatwa DSN MUI Nomor 158 Tentang ‘Ariyah

Akad I'arah atau 'Ariyyah adalah akad pemberian izin pemanfaatan (ibahah) atau pengalihan hak manfaat (tamlik) Mu'ar antara Mu'ir dan Musta'ir dalam jangka waktu tertentu atau pemanfaatan tertentu tanpa imbalan dan Mu'ar dikembalikan kepada Mu'ir sesuai kesepakatan (Fatwa DSN-MUI Nomor 158).

 Landasan akad I’arah atau ‘Ariyyah  

a.    Firman Allah Swt dalam surat Al Maidah ayat 2 yang berbunyi:

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰى وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalom (mengerjakan) kebaiikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat doso dan permusuhan”.

 

b.   Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam

·      Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barang siapa memudahkan kesulitan orang lain, Allah akan mudahkan ia di hari Kiamat.” (HR. Muslim no. 2699)

·      Dari Shafwan bin Umayyah:

اَنَّ رَسُوْلَ اللهَ اِسْتَعَارَ مِنْهُ اَدْرَاعًا يَوْمَ حُنَيْنٍ فَقَالَ أَغَضْبٌ يَا مُحَمَّدٌ؟ فَقَالَ لاَ بَلْ عَاريَةٌ مَضْمُوْنَةٌ

“Nabi pernah meminjam beberapa perisai kepada Shafwan Bin Ummayyah, dan Shafwan berkata kepada Nabi s.o.w., 'Apakah ini sebagai harta rampasan, wahai Muhammad?' Nabi s.a.w. menjawab, 'Bukan! Ini adalah pinjaman yang diiamin pengembaliannya”.

·      Dari Amr bin Kharijah radhiyallahu 'anhu berkata, aku mendengar Nabi bersabda: 

سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَعْطَى كُلَّ ذِي حَقٍّ حَقَّهُ، فَلَا وَصِيَّةَ لِوَارِثٍ، وَالْمَرْأَةُ لَا تُنْفِقُ شَيْئًا مِنْ بَيْتِ زَوْجِهَا إِلَّا بِإِذْنِ زَوْجِهَا 

فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَلاَ الطَّعَامَ؟ قَالَ: ذَاكَ أَفْضَلُ أَمْوَالِنَا 

ثُمَّ قَالَ: العَارِيَةُ مُؤَدَّاةٌ، وَالمَنِيحَةُ مَرْدُودَةٌ، وَالدَّيْنُ مَقْضِيٌّ، وَالزَّعِيمُ غَارِمٌ

(رواه الترمذي)

"Sesungguhnya Allah telah memberikan kepada setiap orang yang memiliki hak, haknya. Maka, tidak boleh ada wasiat untuk ahli waris. Seorang istri tidak boleh memberikan sesuatu dari rumah suaminya kecuali dengan izinnya.” 

Lalu seseorang bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah (termasuk) makanan?" Beliau menjawab, "(Justru) itu adalah harta terbaik kita."

Kemudian beliau bersabda: "Barang Pinjaman (ariyyah) harus dikembalikan. Minhah (harta yang dipinjamkan dengan mengambil hasilnya) harus dikembalikan. Utang harus dibayar, dan penjamin bertanggung jawab atas utang yang dijamin."  (HR. Tirmidzi).

 Perbedaan ‘Iarah dan Qardh

Pertama, Dalam akad Qardh terjadi perpindahan kepemilikan atas harta ketika dipinjam dan diserahkan. Misalnya, Si A meminjam uang (Qardh) si B Rp. 1 juta rupiah, maka pada saat itu terjadi perpindahan kepemilikan. Si A boleh mentashorrufkan uang tersebut, baik dibelanjakan, diinvestasikan, dishodaqahkan, dipinjamkan kembali dan seterusnya karena uang tersebut sejatinya telah beralih kepemilikannya kepada A.

Sementara I’arah tidak terjadi perpindahan kepemilikan namun membolehkan untuk memanfaatkan barang tersebut. Misalnya, Ketika Si A meminjam mobil milik Si B. Maka Si B membolehkan Si A untuk memakai mobilnya, namun mobilnya tidak boleh dijual, disewakan, digadaikan atau diganti dengan mobil yang lain. Karena hak dari Si A adalah hanya memanfaatkan barang tersebut.

Kedua, akad Qardh status harta sifatnya adalah tanggungan (utang-piutang). Pihak peminjam wajib mengembalikan sejumlah atau setara dengan harta yang dipinjamnya. Misalnya Si A meminjam Uang kepada Si B Rp. 1 juta maka ketika telah diserahkan Si A memiliki kewajiban mengembalikan sejumlah Rp. 1 juta kepada B sesuai dengan waktu yang disepakati bahkan jika uang itu hilang sebelum digunakan.

Sementara dalam akad ‘Ariyah, pihak peminjam tidak berkewajiban menanggung (mengganti) jika terjadi risiko sepanjang dia tidak berkhianat, sebagaimana hadits Nabi Saw:

لَيسَ عَلَى الْمُسْتَعِيْرِ غَيْرِ الْمُغِلِّ ضَمَانٌ

“Tidak ada tanggung jawab (penggantian) atas peminjam (musta’ir) yang tidak berkhianat (lalai/taqshir).

Namun dalam Fatwa DSN Nomor 158/DSN-MUI/VII/2024 tentang Akad I’arah, bagian Ketujuh Ketentuan Ganti RuGi dinyatakan bahwa Musta’ir (Pihak yang meminjam)  wajib melakukan ganti rugi jika Mu'ar  (barang yang dipinjam) hilang dan/atau rusak, baik karena tindakannya yang termasuk tindakan khianat (lalai, melampaui batas, dan/atau menyalahi kesepakatan atau kebiasaan baik yang berlaku) maupun tidak;

Dalam hal ini, jelas bahwa Fatwa menjaga kemaslahatan para pihak, terutama hak pihak Mu’ir (Pihak yang meminjamkan) atas barang yang dipinjamkannya agar barang yang dipinjamkan tetap aman, terjaga, tidak rusak ataupun hilang, maka jika hilang wajib ada penggantian sesuai harga barang pada saat rusak. Sehingga pihak Musta’ir memiliki tanggungjawab untuk melakukan itu. Olehkarenanya Fatwa DSN-MUI juga memberikan batasan dan ketentuan bagi pihak Musta’ir harus cakap hukum, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dan/atau mengambil manfaat Mu'ar menurut ketentuan syariah dan peraturan perundang-undangan dan memiliki itikad baik untuk memelihara, menjaga, serta memanfaatkan Muar  sesuai dengan kesepakatan, kebiasaan baik ('urf), dan/atau peraturanperundang-undangan;

 

Berikut beberapa ketentuan dalam Fatwa DSN-MUI Nomor 158/DSN-MUI/VII/2024 tentang Akad I’arah:

Pertama : Ketentuan Umum

Dalam Fatwa ini yang dimaksud dengan:

  1. Akad I'arah atau 'Ariyyah adalah akad pemberian izin pemanfaatan (ibahah) atau pengalihan hak manfaat (tamlik) Mu'ar antara Mu'ir dan Musta'ir dalam jangka waktu tertentu atau pemanfaatan tertentu tanpa imbalan dan Mu'ar dikembalikan kepada Mu'ir sesuai kesepakatan;
  2. Mu'ar adalah obyek Akad I'arah;
  3. Mu'ir adalah pihak yang meminjamkan Mu'ar;
  4. Musta'ir adalahpihak yang meminjam Mu'ar;
  5. Manfaat adalah kegunaan Mu'ar baik yang bersifat abstrak (manfa'ah 'aradhiyyah) maupun yang bersifat konkret (manfa'ah madiyah);
  6. Akad I'arah Muthlaqah adalah akad I'arah yang tidak dibatasi cara memanfaatkan Mu'ar dan tidak ditentukan waktu pengembaliannya;
  7. Akad I'arah Muqayyadah adalah akad I'arah yang dibatasi cara memanfaatkan Mu'ar dan/ atau waktu pengembaliannya;
  8. Akad Lazim adalah akad yang sah dan bersifat nafidz (efektif) yang tidak dapat diakhiri secara sepihak, tapi hanya dapat diakhiri berdasarkan kesepakatan;
  9. Akad Ja'iz adalah akad yang sah dan bersifat nafidz (efektif) yang dapat diakhiri secara sepihak, tanpa memerlukan persetujuan dari pihak lain;
  10. Dharar adalah tindakan yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian pihak lain.

Kedua: Ketentuan Hukum

Akad I'arah boleh dilakukan selama terpenuhi rukun dan syaratnya sebagaimana ketentuan dalam fatwa ini.

Ketiga: Ketentuan Terkait Shigat Al ‘Aqd

  1. Akad I'arah harus dinyatakan secara tegas dan jelas serta dimengerti oleh Mu'ir dan Musta'ir;
  2. Akad I'arah boleh dilakukan secara lisan, tertulis, isyarat, dan perbuatan/tindakan, serta dapat dilakukan secara elektronik sesuai syariah dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Akad I 'arah yang dilakukan Mu'ir dan Musta'ir bersifat kontraktual; baik I'arah yang bersifat tamlik maupun I'arah yang bersifat ibahah.

Keempat: Ketentuan Terkait Mu’ir

  1. Mu'ir boleh berupa orang atau yang dipersamakan dengan orang, baik berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  2. Mu'ir wajib cakap hukum (ahliyah) menurut syariah dan peraturan perundang-undangan;
  3. Mu'ir wajib memiliki kewenangan (wilayah) untuk melakukan akad I'arah baik kewenangan yang bersifat ashliyyah (termasuk dalam posisi sebagai Musta’jir dalam akad ljarah), maupun kewenangan yang bersifat niyabiyyah;
  4. Mu'ir wajib menyerahkan Mu'ar kepada Musta'ir pada waktu yang disepakati dan berhak menerima Mu'ar padawaktu yang disepakati;

 Kelima: Ketentuan Terkait Musta’ir

  1. Musta'ir boleh berupa orang atau yang dipersamakan dengan orang, baik berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  2. Musta'ir wajib cakap hukum (ahliyyah) menurut syariah dan peraturan perundang-undangan;
  3. Musta'ir wajib memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dan/atau mengambil manfaat Mu'ar menurut ketentuan syariah dan peraturan perundang-undangan;
  4. Musta'ir wajib memiliki itikad baik untuk memelihara, menjaga, dan memanfaatkan Muar sesuai dengan kesepakatan, kebiasaan baik ('urf), dan/atau peraturanperundang-undangan;
  5. Musta'ir dilarang melakukan perbuatan khianat, termasuk perbuatan yang dapat mengakibatkan Mu'ar rusak dan/atau hilang;
  6. Musta'ir wajib mengembalikan Mu'ar kepada Mu'ir pada waktu yang disepakati dan/atau manfaat Mu'ar telah tercapai.

Keenam: Ketentuan Terkait Mu’ar

  1. Mu'ar harus harta yang dapat diambil manfaatnya oleh Musta'ir dan tidak habis atau musnah karena pemakaian/tetap fisiknya (baqa' al-ain);
  2. Manfaat Mu'ar harus manfaat mubahah (manfaat yang dibolehkan secara syariah dan perafuran perundang-undangan).

 Ketujuh: Ketentuan Terkait Ganti Rugi

  1. Musta'ir wajib melakukan ganti rugi jika Mu'ar hilang dan/atau rusak, baik karena tindakannya yang termasuk tindakan khianat (lalai, melampaui batas, dan/atau menyalahi kesepakatan atau kebiasaan baik yang berlaku) maupun tidak;
  2. Besaran ganti rugi harus senilai Mu'ar pada saat hilang atau rusak;
  3. Mu'ir berhak menerima ganti rugi atas hilang dan/atau rusaknya Mu'ar yang terjadi karena Musta'ir lalai, melampaui batas, dan/atau menyalahi kesepakatan.

Kedelapan: Ketentuan Terkait Pengakiran Akad

  1. Akad I'arah dapat diakhiri oleh Mu'ir dan/atau Musta'ir kapan saja (karena Akad I'arah termasuk akad Ja'iz, bukan akad Lazim);
  2. Akad I'arah berakhir jika Mu'ir dan/atau Musta'ir tidak cakap hukum, diantaranya karena wafat, dungu (safah) atan gila;
  3. Dalam pengakhiran Akad I'arah tidak boleh ada pihak yang dirugikan;
  4. Dalam hal pengakhiran Akad I'arah terdapat pihak yang dirugikan (misalnya Musta'ir belum menerima manfaat dari Mu'ar sementara Musta'ir sudah mengeluarkan biaya), maka pihak yang dirugikan boleh meminta ganti rugi kepada pihak yang mengakhiri.

Kesembilan: Ketentuan Penutup

  1. Penyelesaian sengketa wajib dilakukan sesuai dengan prinsip syariah dan peraturan perundang-undangan:
    • melalui musyawarah mufakat,
    • melalui lembaga penyeles aian sengketa, antara lain melalui Badan Arbitrase Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (BASYARNAS-MUI) atau Pengadilan Agama apabila musyawarah mufakat tidak tercapai.
  2. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan disempurnakan sebagaimana mestinya jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan.


Demikian, agar tulisan yang sedikit ini bisa lebih bermanfaat, anda dapat menyebarluaskan!!


Wallahua’lamu Bish Showab



14 Oktober 2024

Daftar Regulasi Bank Perkonomian Rakyat Syariah (BPRS)

KELEMBAGAAN DAN KEGIATAN USAHA BPRS


 

BANK PEREKONOMIAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)         

  • POJK Nomor 7 Tahun 2024 Tentang Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (Download, Abstrak, FAQ)


PERUBAHAN KEGIATAN USAHA BPR MENJADI BPRS

  • SEOJK Nomor  7/SEOJK.03/2023 Tentang Perubahan Kegiatan Usaha BPR Menjadi BPRS Perubahan Kegiatan Usaha Bank Perekonomian Rakyat Menjadi Bank Perekonomian Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)

    

PENYELENGGARAAN PRODUK

  • POJK Nomor 25/POJK.03/2021 Penyelenggaraan Produk Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)     
  • SEOJK Nomor 10/SEOJK.03/2023 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, RingkasanFAQ)

    

SERTIFIKASI DIREKTUR DAN KOMISARIS

  • POJK Nomor 44/POJK.03/2015 tentang Sertifikasi Kompetensi Kerja bagi Anggota Direksi dan Anggota Dewan Komisaris Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (Download, Penjelasan)

    

PENILAIAN KEMAMPUAN DAN KEPATUTAN      

  • POJK Nomor 27/POJK.03/2016  Tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Bagi Pihak Utama Lembaga Jasa Keuangan (Download, Penjelasan)  
  • SEOJK Nomor 39/SEOJK.03/2016 Tentang Penilaian Kemampuan Dan Kepatutan Bagi Calon Pemegang Saham Pengendali, Calon Anggota Direksi, Dan Calon Anggota Dewan Komisaris Bank (Download, Lampiran)        
  • POJK Nomor 34/POJK.03/2018  Tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Penilaian Kembali bagi Pihak Utama Lembaga Jasa Keuangan (Download)
  • SEOJK Nomor 09/SEOJK.03/2019 Tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Penilaian Kembali Pihak Utama Bank (Download, Ringkasan)
  • POJK Nomor 14/POJK.03/2021  Tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Perubahan POJK Nomor 34/POJK.03/2018 Penilaian Kembali bagi Pihak Utama Lembaga Sektor Jasa Keuangan (Download)
  • SEOJK Nomor 32/SEOJK.03/2021 Tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Perubahan SEOJK Nomor 09/SEOJK.03/2019 Penilaian Kembali Pihak Utama (Download)

    

IZIN PEDAGANG VALUTA ASING           

  • SEDPBR Nomor 9/38/DPBPR Tentang Tata Cara Perizinan dan Pelaporan BPR dan BPRS yang Melakukan Kegiatan sebagai Pedagang Valuta Asing (Download, Lampiran)

 

PUNGUTAN OLEH OJK

  • PP no 11/2014 Pungutan oleh Otoritas Jasa Keuangan (Download)

 

PENGGABUNGAN/PELEBURAN/PENGAMBILALIHAN

  • POJK Nomor 21/POJK.03/2019 Penggabungan/Peleburan/Pengambilalihan BPRS (Download, Ringkasan)
      
      PERINTAH TERTULIS

 

KONGLOMERASI KEUANGAN


 

PRINSIP KEHATI-HATIAN 

                            

TATA KELOLA 

  • POJK Nomor 25 Tahun 2024 tentang Penerapan Tata Kelola Syariah Bagi BPRS (Download, Abstrak, FAQ Materi Sosialisasi)
  • POJK Nomor 9 Tahun 2024 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi BPR dan BPRS (Download, AbstrakFAQ)
  • SEOJK Nomor 13/SEOJK.03/2019 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)
  • POJK Nomor 66/POJK.03/2016 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Dan Pemenuhan Modal Inti Minimum Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (DownloadPenjelasan)
  • SEOJK Nomor 1/SEOJK.03/2017 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Dan Pemenuhan Modal Inti Minimum Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download)
  • SEBI Nomor 15/22/DPbS tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Dewan Pengawas Syariah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, FAQ)
  • POJK Nomor 44 Tahun 2024 Tentang Rahasia Bank (Download, Abstrak, FAQ)
       
       AUDIT INTERNAL 
  • SEOJK Nomor 12/SEOJK.03/2019 Tentang Penerapan Fungsi Audit Intern Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan, FAQ)

 

MANAJEMEN RISIKO                                   

  • POJK Nomor 23/POJK.03/2018 Tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)
  • SEOJK Nomor 10 /SEOJK.03/2019 tentang Manajemen Risiko Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan, FAQ)

    

BATAS MAKSIMUM PENYALURAN DANA                                   

  • POJK Nomer 23 Tahun 2022 Tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit Bank Perkreditan Rakyat Dan Batas Maksimum Penyaluran Dana Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan, FAQ)   
  • SEOJK Nomor 11/SEOJK.03/2023 Tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit Bank Perkreditan Rakyat Dan Batas Maksimum Penyaluran Dana Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download)

    

KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF                               

  • POJK Nomor 29/POJK.03/2019 Tentang Kualitas Aset Produktif dan Pembentukan Penyisihan Penghapusan Aset Produktif Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)

    

LAPORAN BULANAN                                   

  • POJK Nomor 13/POJK.03/2019 Tentang Pelaporan Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Melalui Sistem Pelaporan Otoritas Jasa Keuangan (Download, Ringkasan)
  • SEOJK Nomor 3/SEOJK.03/2023 Tentang Laporan Bulanan BPRS (Download, Ringkasan)

              

TRANSPARANSI KONDISI KEUANGAN                                 

  • POJK Nomor 35/POJK.03/2019 Tentang Transparansi Kondisi Keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)

 

SISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN (SLIK-OJK)

  • POJK Nomor 18/POJK.03/2017 Tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur melalui SLIK (Download)  
  • Pedoman Penyusunan Data SLIK (Download)
  • Struktur Data SLIK (Download)
  • SEOJK Nomor 50/SEOJK.03/2017 Tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur melalui SLIK (Download, Lampiran 1, Lampiran 2, Lampiran 3, Lampiran 4)
  • POJK Nomor 64/POJK.03/2020 perubahan POJK no 18/POJK.03/2017 Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur melalui SLIK (Download)
  • SEOJK Nomor 3/SEOJK.03/2021 Tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur melalui SLIK (Download)
  • SEOJK Nomor 11/SEOJK.01/2024 Tentang Pelaporan Dan Permintaan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (Download, Abstrak, FAQ)


PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BPRS                         

  • POJK Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Penjelasan)
  • SEOJK Nomor 11/SEOJK.03/2022 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)

      PENETAPAN STATUS DAN TINDAK LANJUT PENGAWASAN BPRS
  • POJK Nomor 28 Tahun 2023 Penetapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (Download, Abstrak, FAQ)
    
      KEWAJIBAN PENYEDIAAN DANA PENDIDIKAN & PELATIHAN                     

  • POJK Nomor 47/POJK.03/2017 Tentang Kewajiban Penyediaan Dana Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download)     
  • POJK Nomor 19 Tahun 2023 Tentang Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Bank Perekonomian Rakyat Dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (Download, Penjelasan)
  • POJK Nomor 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan Masyarakat (Download, Ringkasan)
  • SEOJK Nomor 13/SEOJK.08/2024 Tentang Penyusunan Dan Penyampaian Laporan Rencana Dan Laporan Realisasi Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan (Download, Abstrak, FAQ)

              

RENCANA BISNIS BANK (RBB)                                

  • POJK Nomor 15 /POJK.03/2021  Tentang Rencana Bisnis Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)     
  • SEOJK Nomor 30 /SEOJK.03/2021 Tentang Rencana Bisnis Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download, Ringkasan)     

              

STANDAR PENYELENGGARAAN TEKNOLOGI INFORMASI                                    

  • POJK Nomor 75/POJK.03/2016 Tentang Standar Penyelenggaraan Teknologi Informasi bagi BPR/BPRS (Download, Ringkasan)
  • SEOJK Nomor 15/SEOJK.03/2017 Tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi Bagi Bank Perkreditan Rakyat Dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Download)

                       

PENGGUNAAN JASA AKUNTAN PUBLIK DAN KAP                                    

  • POJK Nomor 9 TAHUN 2023 Tentang Penggunaan Jasa Akuntan Publik Dan Kantor Akuntan Publik Dalam Kegiatan Jasa Keuangan (Download, FAQ)

    

PEMERIKSAAN BANK                                  

  • POJK Nomor 41 /POJK.03/2017  Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pemeriksaan Bank (Download)

 

PERLAKUAN KHUSUS                        

  • POJK Nomor 45 /POJK.03/2017  Tentang Perlakuan Khusus Terhadap Kredit Atau Pembiayaan Bank Bagi Daerah Tertentu Di Indonesia Yang Terkena Bencana Alam (Download)

    

KEUANGAN BERKELANJUTAN

  • POJK Nomor 51 /POJK.03/2017  tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, Dan Perusahaan Publik (Download)       


 

TPPU-TPPT DAN STRATEGI ANTI FRAUD


APU PPT

  • UU Nomor 8 Th 2010 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Download)        
  • UU Nomor 9 Th 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (Download)
  • PP Nomor 43 Th 2015 Tentang Pihak Pelapor Dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Download)   
  • PP Nomor 2 Th 2016 Tentang Tata Cara Penyampaian Data Dan Informasi Oleh Instansi Pemerintah Dan/ Atau Lembaga Swasta Dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Download
  • POJK Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, Dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal Di Sektor Jasa Keuangan (Download, FAQ)
  • SEOJK Nomor 31 /SEOJK.01/2019 Tentang Pemblokiran Serta Merta Rekening Nasabah Proliferasi (Download)
  • SEOJK Nomor 29 /SEOJK.01/2019 Tentang Perubahan Atas Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 38 /Seojk.01/2017 Tentang Pedoman Pemblokiran Secara Serta Merta Atas Dana Nasabah Di Sektor Jasa Keuangan Yang Identitasnya Tercantum Dalam Daftar Terduga Teroris Dan Organisasi Teroris (Download)
  • Perka PPATK Nomor 13 Th 2008 Tentang Identifikasi TKM Pendanaan Terorisme (Download)    
  • Perka PPATK Nomor 02 Th 2012   Tentang Penghentian Sementara dan Penundaan Transaksi Perbankan (Download)
  • Perka PPATK Nomor 11 Th 2013  Tentang Identifikasi TKM (Download)    
  • Perka PPATK Nomor 02 Th 2014 Tentang Sistem Informasi Pengguna Jasa Terpadu - SIPESAT (Download)                   
  • Perka PPATK Nomor 04 Th 2014 Tentang Identifikasi TKM (Download)
  • Perka PPATK Nomor 02 Th 2015 Tentang Kategori Pengguna Jasa Yang Berpotensi Melakukan TPPU (Download)
  • Perka PPATK Nomor 01 Th 2021 Tentang Tata Cara Pelaporan melalui GOAML (Download)
  • Perka PPATK Nomor 11 Th 2021 Tentang Sistem Informasi Terduga Terorisme (Download)
  • Perka PPATK Nomor 14 Th 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Aplikasi goAML (Download)
  • SE PPATK Nomor 02 Th 2021 Tentang Indikator Tkm Tindak Pidana Di Bidang Perpajakan (Download)    

      STRATEGI ANTI FRAUD    
  • POJK Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Penerapan Strategi Anti Fraud Bagi Lembaga Jasa Keuangan (Downolad)
       

Akad - Akad Dengan Prinsip Sewa Menyewa

Berikut beberapa jenis akad-akad dengan Prinsip Sewa Menyewa yang umum digunakan di masyarakat atau praktek diperbankan syariah. ...